10May2017

Lembaga Adat Di Kab. Pasuruan

TRADISI KRAPANSAPI
Kecamatan Wonorejo
Dalam rangka peringatan Hari Kemerdekaan RI

GREBEG MEMETRI
Diadakan di Kecamatan Tutur
Dalam rangka peringkatan Hari Kemerdekaan RI dan menjadikan karnaval budaya masyarakat Nongkojajar dengan ritual penguburan kelapa sapi sebagai simbul pengorbanan dan juga kesenian tradisional jaran goyang, albanjari, ujung tidak kentigalan basar rakyat.

YADYNYA KASADA
Diadakan di Kecamatan
Tradisi adat pemilihan dan pengukuhan ketua atau dukun masyarakat Tengger yang diadakan di lautan pasir Gunung Bromo juga membuang sesaji ke kawah Gunung Bromo.
Pada saat itu juga disahkan dengan Festival Bromo, yang dikemas sebagai macam seni budaya dan atraksi wisata dan yang menarik pawai sejuta obor.

UPACARA KARO
Lokasi di Kecamatan Tosari
Adalah Upacara Hari Raya Masyarakat Tengger, adapun kegiatannya selamatan desa dengan sajian macam – macam tarian antara lain Sodoran.

SKI LOT
Lokasi di Kecamatan Lekok
Merupakan acara tradisional ski di Lumpur laut yang diadakan pada saat hari Raya Besar Islam 1 Syawal sampai hari Raya Ketupat. Yang menjadi daya tarik masyarakat luas.

MANDI SUCI BELAHAN

Desa Wonosunyo Kecamatan Gempol
Ritual masyarakat setempat memandikan dua patung / candi . Belahan  ( Sumber Tetek  ).
Yang mana oleh masyarakat sekitarnya diperinggati pada bulan jumadil akhir hari sabtu kliwon dan minggu wage dengan selamatan memotong lembu dengan kesenian Uyon – uyon.

MBAH SEGOROPURO.
Desa Segoropuro Kecamatan Rejoso.
Ritual ke agamaan merupakan Haul penyebar perkembangan agama islam Mbah Syaid Arief / Mbah Segoropuro yang selalu di peringati pada bulan jawa Djumadil Akhir setiap tahunnya, namun tidak menutup kemungkinan ritual selalu diadakan pada malam Jum’at Legi dengan pengunjung / peziarah kurang lebih 10.000 orang.

MBAH SEMENDI
Desa Winngan Lor Kecamatan Winongan.
Ritual ke agamaan merupakan Haul penyebar perkembangan agama islam Mbah Semendi yang selalu di peringati pada bulan Jawa Djumadil Akhir setiap tahunnya, namun tidak menutup kemungkinan ritual selalu diadakan pada malam Jum’at Legi dengan pengunjung / peziarah kurang lebih 5.000 orang jangka peringatan Haul biasa diadakan sebelum Haul Mbah Segoropuro.

MBAH RATU AYU
Dusun Kersikan Kelurahan Kersikan Kecamatan Bangil.
Mbah Ratu Ayu merupakan Ibu dari Mbah Segoropuro, yang menjadi tujuan wisata religi bagi umat muslim yang ingin melakukan ritual ke pengembang – pengembang agama Islam.

Cerita Terkait

  • 07:58:39
  • andra
  • 8404 kali dilihat
  • Cerita Rakyat
Form Pencarian
Berita Terkini
Kategori Cerita
Cerita Rakyat Cerita Legenda
Agenda Kegiatan
Agenda Kegiatan Bupati dan Wakil Bupati Pasuruan.

SEP 07

Petik Merah Kopi Bareng Bupati Pasuruan

08:00 am - Seles

07 Sep 2017 (Tanggal Berakhir)

Dsn. Gunung Malang, Desa Tambaksari, Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Pasuruan

Semua Agenda »
Suara Warga
Form & Arsip Suara Warga