H+1 Jalur Ruas Jalan Surabaya - Malang Mulai Macet

Jum`at, 2 September 2011 03:26:41 - oleh : dishub

H+1 Jalur Ruas Jalan Surabaya - Malang Mulai Macet

Pada H+1, Kamis, 1 September 2011 kondisi lalu lintas di Purwosari pada ruas jalan Surabaya - Malang selama arus balik lebaran mulai mengalami peningkatan arus lalu lintas. Kondisi ini disebabkan oleh banyaknya kendaraan yg mulai melaksanakan perjalanan balik setelah mudik di kampung halaman serta para masyarakat yang akan meluangkan waktu berlibur ke tempat - tempat rekreasi di Kota Malang dan Batu.

Titik rawan kemacetan sering terjadi di persimpangan Purwosari yang merupakan titik pertemuan dari arah Surabaya, Malang dan dari Pasuruan. Kemacetan sempat terjadi sekitar pukul 08.00-09.30 WIB sehingga menyebabkan lalu lintas dalam kondisi Padat - Merayap. Penggunaan Alat Pengendali Isyarat Lalu Lintas di simpang Purwosari masih menyebabkan antrian kendaraan yang panjang, sehingga diterapkan lampu flash untuk mengatur arus lalu lintas di Purwosari dengan bantuan pengaturan Polisi dan Petugas Dishub Kabupaten Pasuruan. Larangan belok kanan dari arah Pasuruan ke Surabaya juga diterapkan pada jam - jam sibuk untuk mengurangi kemacetan dan penumpukan arus lalu lintas. Selain itu dilakukan pengalihan arus lalu lintas belok kanan pada simpang Purwosari dari arah Pasuruan yang akan ke Surabaya, kendaraan dialihkan ke jalan putar balik di depan SPBU Purwosari. Komposisi arus kendaraan di Purwosari masih didominasi oleh sepeda motor dan kendaraan roda empat ( mobil pribadi ) masing masing 27.743 kend/hari dan 18.218 kend/hari untuk arah Surabaya ke Malang, sedangkan untuk arah Malang sepeda motor dan mobil pribadi masing-masing 23.165 kend/hari dan 19.952 kend/hari. Larangan penggunaan angkutan barang sampai H+5 juga mempengaruhi komposisi kendaraan angkutan barang di purwosari yang hanya mencapai 952 kend/hari untuk arah Malang dan arah Surabaya 1263 kend/hari, Namun pada sore sampai malam hari kondisi lalu lintas sudah ramai lancar.

H+1.gif

Sementara itu kondisi lalu lintas pada ruas jalan Surabaya - Pasuruan, dimana salah satu titik rawan macet pada jalan depan alun - alun Bangil, namun pada hari H+1 ini kondisi lalu lintas masih ramai lancar mulai pagi sampai malam hari, walaupun lalu lintas yang di pantau oleh Dishub Kabupaten Pasuruan mencapai 52.021 kend/hari. Dari data yang ada dapat dilihat bahwa sudah terjadi arus balik, dengan meningkatnya volume kendaraan pribadi roda 4, dimana sekitar pukul 20.00 WIB, jumlah kendaran pribadi roda 4 yang melintas ke arah Surabaya lebih dari 100 kendaraan/ 15 menit.

Sedangkan kondisi di Terminal Pandaaan juga meningkat dibandingakan dengan hari H lebaran. Jumlah penumpang pengguna angkutan umum di Terminal Pandaan pada hari ini (1/9) mencapai 1.903 penumpang, ini meningkat 88,04% dibandingkan dengan penumpang pada hari H Lebaran kemarin (31/08). (red)

 

| More

Berita "Berita SKPD" Lainnya