13Feb2018

Buktikan Mampu Tekan Disparitas Wilayah, Bupati Irsyad Yusuf Resmikan RSUD Grati

Mimpi masyarakat Kabupaten Pasuruan di wilayah Timur untuk memiliki Rumah Sakit, akhirnya terwujud.

Bupati Pasuruan, HM Irsyad Yusuf meresmikan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Grati, Selasa (13/02/2018) pagi. Dandim 0819 Pasuruan, Letkol Inf Mulliadi, Kepala Kejaksaan Negeri Bangil, Sekda Agus Sutiadji, Para Kepala OPD (Organisasi Perangkat Daerah) dan ratusan undangan lainnya.

Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kabupaten Pasuruan, Dr Agung Basuki mengatakan, perencanaan pembangunan RSUD Grati sudah dimulai sejak 2004 lalu, di mana pembiayaan diambil dari Dana Bagi Hasil Cukai dan Tembakau tahun 2017 sebesar Rp 30 Milyar. Dengan adanya RSUD Grati, visi dan Misi Bupati Irsyad dalam rangka mengurangi disparitas wilayah, akhirnya terealiasi, utamanya untuk meningkatkan pemerataan kesehatan dan pemerataan pelayanan kwalitas kesehatan di wilayah pasuruan timur.

“Jadi masyarakat di wilayah Rejoso, Grati, Nguling, Winongan, Lumbang, Puspo dan sekitarnya yang membutuhkan pertolongan kedaruratan di RS, bisa langsung menuju RSUD Grati,” imbuhnya.

Sementara itu, Bupati Irsyad berharap RSUD Grati nantinya dapat menjadi salah satu fasilitas pelayanan kesehatan yang dapat memenuhi kebutuhan dan harapan masyarakat Kabupaten Pasuruan, khususnya di wilayah timur.

“Keberlanjutan pembangunan Gedung RS akan terus dilaksanakan di tahun mendatang, agar kesempurnaan Gedung RS ini bisa tercapai. Dan untuk menuju hal tersebut, perlu dukungan dari semua pihak untuk kelancaran proses pembangunan yang berkelanjutan,” ucap Irsyad dalam sambutannya.

Ditambahkannya, saat ini RSUD Grati masih dalam proses peresmian Gedung, akan tetapi belum mendapatkan izin operasional rumah sakit. Sehingga diperlukan kerja keras semua pihak terkait untuk mempercepat proses perijinan tersebut.

“Per tahun kita mendapatkan Rp 180 milyard dari DBHCT (Dana Bagi Hasil Cukai dan Tembakau), 50% dan tersebut untuk spesifik grand, dan 50% lagi dibuat untuk kesehatan. Dan untuk izin operasional rumah sakit, kita akan terus melakukan kepengurusan,” terang pria yang mencalonkan kembali sebagai Bupati Pasuruan 2018-2023 itu.

Di sisi lain, selain peresmian Gedung RSUD Grati, Bupati Irsyad juga mengukuhkan Dewan Pengawas BLUD RSUD Bangil masa bhakti 2018-2023  yang nantinya akan membantu dalam peningkatan mutu pelayanan kesehatan pada RS itu sendiri. (emil)

 

  • 16:19:14
  • emil
  • 353 kali dilihat
  • Kesehatan
Komentar Pengunjung
Tuliskan Komentar
 
Form Pencarian
Berita Terkini
Agenda Kegiatan
Agenda Kegiatan Bupati dan Wakil Bupati Pasuruan.

Saat ini agenda kegiatan masih kosong.

Suara Warga
Form & Arsip Suara Warga