13Feb2018

Deg-Degan, Bupati Irsyad Dan Letkol Inf Didi Suryadi Tantang Siswa Hafalan Pancasila Dan Lagu Perjuangan

Ribuan pelajar SMA/SMK negeri swasta di Kabupaten Pasuruan dibuat deg-degan.

Pasalnya, saat mereka mengikuti Pembinaan Wawasan Kebangsaan, Cinta Tanah Air dan Pendidikan Karakter di Halaman SMAN I Grati, Selasa (13/02/2018) siang, mereka kedatangan Bupati Pasuruan, HM Irsyad Yusuf dan Pabandya Bhakti TNI Kodam V Brawijaya, Letkol Inf Didi Suryadi.

Kedatangan mereka bukan sekedar menghadiri saja, akan tetapi menanyai beberapa orang siswa untuk melafalkan Pancasila dan Pembukaan UUD 1945 secara lengkap.

Salah satunya Alfon, pelajar SMKN Winongan. Siswa yang kini tercatat duduk di bangku kelas XI itu terlihat grogi saat ditodong oleh Letkol Inf Didi Suryadi untuk menyebutkan kelima isi Pancasila.

Beruntung, Alfon yang asli dari Papua itu dengan lantang menyebutkan kelima isi Pancasila dengan benar, sehingga mendapat bonus uang Rp 100 ribu dari Didi Suryadi.

“Puji Syukur kepada Tuhan, saya bisa menghafal Pancasila. Pertama tegang karena yang nanyain tantara. Tapi ternyata beliau baik sekali,” ungkapnya.

Sementara itu, Bupati Irsyad mengajak beberapa pelajar untuk naik ke atas panggung untuk menyanyikan lagu Indonesia Pusaka. Menurut Irsyad, lagu-lagu perjuangan harus hafal di luar kepala, lantaran di dalam lagu tersebut mengandung pesan perjuangan, kebangsaan dan rasa cinta dan setia terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Jangan sampai anak-anak kita lupa dengan lagu perjuangan. Ini salah sekali, karena lagu perjuangan dibuat dengan susah payah dan ada dalam situasi peperangan maupun era perjuangan. Jangan sampai kalah dengan lagu-lagu jaman now,” kata Irsyad, sesaat setelah acara selesai dilaksanakan.

Ditambahkannya, wawasan kebangsaan sangat penting ditanamkan pada setiap warga Negara sebagai proses pembentukan sikap moral agar memiliki kecintaan terhadap tanah air dan terpeliharaanya NKRI.

"Maka pemahaman tentang nilai-nilai wawasan  kebangsaan merupakan kebutuhan mutlak, terutama bagi generasi muda di tengah arus globalisasi dan proses demokrasi," ujar Irsyad. (emil)

 

 

 

  • 15:38:36
  • emil
  • 245 kali dilihat
  • Nasionalisme
Komentar Pengunjung
Tuliskan Komentar
 
Form Pencarian
Berita Terkini
Agenda Kegiatan
Agenda Kegiatan Bupati dan Wakil Bupati Pasuruan.

Saat ini agenda kegiatan masih kosong.

Suara Warga
Form & Arsip Suara Warga