06Dec2017

Beberkan Potensi Desa Di Kabupaten Pasuruan, Bupati Irsyad Yusuf Didapuk Jadi Pembicara

Bupati Pasuruan, HM Irsyad Yusuf didapuk menjadi Pembicara dalam Diskusi Menggali Potensi dan Upaya Meningkatkan Ekonomi Pedesaan, yang digagas Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Perwakilan Pasuruan, di Aula KPSP Setia Kawan Nongkojajar, Kecamatan Tutur, Rabu (6/12/2017).

Dalam diskusi tersebut, Bupati Irsyad berbicara banyak tentang potensi masing-masing desa di Kabupaten Pasuruan, khususnya desa- desa di Kecamatan Tutur yang memiliki daya tarik pariwisata yang lain daripada yang lain.

“Nongkojajar adalah kebanggaan Kabupaten Pasuruan, karena banyak menyimpan potensi alam yang luar biasa. Mulai dari buah-buahan seperti apel dan strawberry hingga bunga krisan yang menjadi salah satu ikon bunga khas Kabupaten Pasuruan. Maka dari itu, saya bangga menjadi bagian dari masyarakat Kecamatan Tutur,” kata Irsyad di hadapan para peserta diskusi.

Sementara itu, tujuan dilaksanakannya diskusi tak lain untuk mencari potensi yang selama ini tersembunyi dan belum dioptimalkan. Ketua PWI Pasuruan, Joko Hariyanto mengatakan, wartawan merupakan bagian tidak terpisahkan dari masyarakat pada umumnya, lantaran profesi ini juga memiliki tanggungjawab, yakni ikut peduli membangun kabupaten Pasuruan bersama elemen lain.

“Minimal dengan ide dan pemikiran dipadukan dengan format diskusi, menjadi pilihan untuk menyingkap potensi ekonomi lain, yang selama ini belum dijamah,” ujar Joko sambil tersenyum.

Di sisi lain, Ketua umum KPSP Setia Kawan Nongkojajar, Kusnan menjelaskan, wilayah termasuk bagian selatan Pasuruan ini, termasuk pusat peternakan sapi perah yang luar biasa dengan populasi mencapai 19 ribu ekor. Ditambah dengan potensi pertanian dan perkebunan, seperti apel, bunga krisan hingga paprika.

“Potensi-potensi ekonomi pedesaan itu saat ini, kita ketahui, terus menunjukkan perkembangan,” kata Kusnan.

Belum lagi Nongkojajar juga termasuk salah satu wilayah sebagai jalur wisata Bromo. Nah, hamparan hutan pinus, adanya sejumlah air terjun di daerah ini, menurutnya cukup potensial untuk dikelola, bersama-sama dengan kekuatan potensi lainnya.

“Wisata alam air terjun yang masih perawan. Terus minum susu langsung di peternakan, misalnya. Itu barangkali yang bisa dilakukan di Nongkojajar. Cukup kreatif kaya’ kebun apel yang digagas Gus Irsyad (Bupati Pasuruan) jadi wisata petik apel,” terangnya. (emil)

  • 18:59:36
  • emil
  • 195 kali dilihat
  • Pelayanan Publik
Komentar Pengunjung
Tuliskan Komentar
 
Form Pencarian
Berita Terkini
Agenda Kegiatan
Agenda Kegiatan Bupati dan Wakil Bupati Pasuruan.

NOV 25

Majlis Dzikir Maulidurrasul Muhammad SAW.

Majlis Dzikir Maulidurrasul Muhammad SAW. dalam rangka HUT Kabupaten Pasuruan Ke-1088

07:00 am - 15:00 pm

25 Nop 2017 (Tanggal Berakhir)

Depan Kantor Pemkab Pasuruan Raci Bangil - Pasuruan

Semua Agenda »
Suara Warga
Form & Arsip Suara Warga