15Nov2017

Lindungi Pekerja Dari Kecelakaan, Satlantas Polres Pasuruan Launching Program SOL

Sebagai bagian dari upaya menekan tingginya angka kecelakaan yang melibatkan pekerja sebagai korban kecelakaan paling banyak, Satlantas Polres Pasuruan melaunching Program SOL (Save Our Labour) dan Deklarasi Pahlawan Keselamatan Berlalu Lintas, di Halaman Mapolres Pasuruan, Rabu (15/11/2017).

Program tersebut dilaunching oleh Kapolres Pasuruan, AKBP Raydian Kokrosono, dan disaksikan Dandim 0819 Pasuruan, Letkol Inf Mulliadi dan anggota Forpimda (Forum Pimpinan Daerah) Kabupaten Pasuruan lainnya, serta seluruh anggota Polres Pasuruan.

Menurut Raydian, dari bulan Januari hingga oktober 2017, jumlah kasus kecelakaan di wilayah hukum Polres Pasuruan mencapai 704 kasus, dimana dari kecelakaan tersebut mengakibatkan 169 orang meninggal dunia,108 orang luka berat, 872 orang luka ringan, dan kerugian material hingga mencapai Rp 883 juta.

“Kecelakaan tidak bisa dihindari dan selalu ada laporan setiap hari nya. Nah yang paling banyak menjadi korban adalah pekerja atau karyawan swasta daripada PNS maupun profesi yang lain,” kata Raydian, sesaat setelah launching selesai dilakukan.

Jumlah korban kecelakaan yang berasal dari karyawan swasta mencapai 562 orang, kemudian disusul pelajar yang mencapai 153 anak, 19 orang PNS, dan 5 orang polisi. Kata Raydian, didalam program SOL, pihaknya akan melekukan berbagai macam upaya, khususnya penekanan dalam hal safety riding (keamanan dalam berkendara) maupun ESQ (Emotional Spiritual Quotient atau pelatihan sumber daya manusia) Riding.

“Kalau Safety Riding kita lakukan dengan terus menghimbau kepada seluruh pengendara, baik melalui sosialisasi di jalan raya, sekolah, universitas, sampai pemasangan banner, baliho tertib berlalu lintas. Kalau ESQ Riding, kita tekankan pada hati, bagaimana kita sendiri harus menjadi pahlawan bagi pribadi dan keluarga. Pahlawan bukan harus meninggal, tapi menyelamatkan kita dan orang-orang di sekeliling kita,” imbuhnya.

Dengan dilaunchingnya Program SOL, Raydian berharap agar kesadaran masyarakat akan pentingnya tertib berlalu lintas di jalan raya semakin meningkat, sehingga muaranya adalah semakin menurunnya angka kecelakaan di jalan raya.

“Kita tidak bisa menghindari sebuah kecelakaan, tapi minimal mencegah dengan cara menghimbau, melakukan sosialisasi dan menjadi pahlawan keselamatan berlalu lintas. Pagi ini kita sama-sama mendeklarasikan diri untuk menyelamatkan kita semua dari kecelakaan yang kita mulai dari diri kita sendiri,” ujarnya kepada Suara Pasuruan.

Sementara itu, dilaunchingnya program SOL tersebut ditandai dengan pelepasan balon ke udara, penandatanganan berita acara, serta penulisan kata-kata komitmen menjadi pahlawan keselamatan berlalu lintas, di atas kain raksasa yang sudah disiapkan panitia. (emil)

  • 14:34:38
  • emil
  • 84 kali dilihat
  • Pelayanan Publik
Komentar Pengunjung
Tuliskan Komentar
 
Form Pencarian
Berita Terkini
Agenda Kegiatan
Agenda Kegiatan Bupati dan Wakil Bupati Pasuruan.

NOV 25

Majlis Dzikir Maulidurrasul Muhammad SAW.

Majlis Dzikir Maulidurrasul Muhammad SAW. dalam rangka HUT Kabupaten Pasuruan Ke-1088

07:00 am - 15:00 pm

25 Nop 2017 (Tanggal Berakhir)

Depan Kantor Pemkab Pasuruan Raci Bangil - Pasuruan

Semua Agenda »
Suara Warga
Form & Arsip Suara Warga