14Nov2017

Ajak Masyarakat Bersihkan Sampah Sungai

Musim penghujan yang sudah mulai datang, dimanfaatkan betul oleh puluhan orang yang tergabung dalam Forum Komunitas Peduli Lingkungan (FKPL) untuk kembali melakukan kegiatan Grebek Sampah sungai.

Bersama dengan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Pasuruan dan Komunitas Pegiat RPL (Rajawali Peduli Lingkungan), mereka membersihkan sungai-sungai di sekitar wilayah Kecamatan Pandaan, Minggu (12/11/2017) pagi.

Fatoni, Ketua FKPL mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk menggugah kesadaran masyarakat untuk lebih peduli lagi pada lingkungan dengan tidak membuang sampah ke sungai, dalam artian mengembalikan fungsi sungai seperti sediakala.

“Grebek sampah sungai adalah kegiatan rutin yang diadakan sejak tahun 2015 dan salah satu tujuan kita adalah membentuk TPS3R bersama dinas terkait dan warga masyarakat,” kata Fatoni di sela-sela acara.

Tak hanya membersihkan sungai dari tumpukan sampah saja, mereka juga menghias dinding-dinding sungai dengan gambar-gambar yang bertemakan lingkungan.

Muhaimin, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Pasuruan mengapresiasi kegiatan grebek sampah sungai yang sudah digagas sejak dua tahun lalu, terutama mengurangi volume sampah yang masuk ke aliran sungai di Kabupaten Pasuruan. Sebab, menurutnya, timbunan sampah yg dihasilkan oleh 1.700.000 penduduk kab Pasuruan perharinya adalah 4700 M2, di mana dari 4700m2 yang baru dikelola DLH baru 2000 M2, sementara sisanya dikelola oleh masyarakat.

“Oleh karena kita akan segera melakukan upaya pendampingan terkait sampah berbasis masyarakat yang akan dimulai pada tahun 2018. Saya berharap kegiatan ini terus dilaksanakan secara rutin dan memberi manfaat terhadap fungsi sungai itu sendiri. Minimal menjaga kebersihan, kesehatan dan ekosistem sungai itu sendiri,” imbuhnya. (emil)

  • 16:19:29
  • emil
  • 129 kali dilihat
  • Umum
Komentar Pengunjung
Tuliskan Komentar
 
Form Pencarian
Berita Terkini
Agenda Kegiatan
Agenda Kegiatan Bupati dan Wakil Bupati Pasuruan.

NOV 25

Majlis Dzikir Maulidurrasul Muhammad SAW.

Majlis Dzikir Maulidurrasul Muhammad SAW. dalam rangka HUT Kabupaten Pasuruan Ke-1088

07:00 am - 15:00 pm

25 Nop 2017 (Tanggal Berakhir)

Depan Kantor Pemkab Pasuruan Raci Bangil - Pasuruan

Semua Agenda »
Suara Warga
Form & Arsip Suara Warga