17Sep2017

Pertahankan Identitas Kota Santri, Ribuan Warga Ikuti Mlaku Bareng Sarungan Bersama Bupati Irsyad Yusuf

Ribuan warga ikuti Mlaku Bareng Sarungan Bersama Bupati Pasuruan, HM Irsyad Yusuf, Minggu (17/09/2017) pagi.

Mengambil lokasi di Lapangan A Yani Grati, Mlaku Bareng tersebut secara resmi diberangkatkan oleh Gus Irsyad, tepat pukul 7 Pagi dengan disaksikan Dandim 0819 Pasuruan, Letkol Inf Mulliadi, Kapolres Pasuruan Kota, AKBP Rizal Martomo, Ketua DPRD, Sudiono Fauzan, Sekda Agus Sutiadji, GM Radar Bromo, Suyuti, serta para Kepala OPD dan undangan lainnya.

Tak hanya memberangkatkan saja, orang nomor satu di Kabupaten Pasuruan itu juga ikutan Mlaku Bareng bersama warga, dengan menyusuri gang-gang dan rute sejauh 4 KM.

Menurutnya, event Mlaku Bareng Sarungan sengaja digelar untuk memeriahkan perhelatan MTQ (Mutsbaqoh Tilawatil Al Qur’an) tingkat Propinsi Jawa Timur ke XXVII yang akan dibuka pada tanggal 30 September mendatang. Kali ini bekerja sama dengan Harian Jawa Pos Radar Bromo.

“Kabupaten Pasuruan akan menjadi tuan rumah penyelenggaraan MTQ Jatim tahun ini, jadi banyak sekali agenda yang kita gelar untuk memeriahkan event religi ini, salah satunya dengan mengajak masyarakat untuk jalan santai pakai sarung,” kata Irsyad dalam sambutannya.

Tak hanya itu saja, Mlaku Bareng Sarungan juga menjadi identitas Kabupaten Pasuruan sebagai daerah santri. Kata Irsyad, Kabupaten Pasuruan memiliki banyak pondok pesantren dan madrasah yang dipenuhi oleh para santri yang selalu memakai sarung dalam setiap kegiatan apapun, baik akademisi maupun saat kegiatan lainnya.

“Kalau di daerah lain, sarungan itu seperti hal yang belum terbiasa. Tapi kalau di Kabupaten Pasuruan, hamper di setiap sudut kota atau desa, selalu terlihat orang pakai sarung, entah itu ke pasar, jalan jalan, pengajian dan ketika beribadah, itu sudah pasti. Identitas inilah yang kita akan pertahankan sampai kapanpun,” imbuhnya.

Sementara itu, Event Mlaku Bareng Sarungan bersama Bupati Irsyad Yusuf dimeriahkan dengan penampilan Grup Musik Sholawat Padang Howo, dan panitia menyediakn banyak hadiah, mulai dari jaket sampai hadiah utama, yakni 1 unit sepeda motor yang berhasil diraih oleh Jainuddin, pelajar SMPN 1 Grati. (emil)

 

  • 17:06:12
  • emil
  • 422 kali dilihat
  • Olahraga
Komentar Pengunjung
Tuliskan Komentar
 
Form Pencarian
Berita Terkini
Agenda Kegiatan
Agenda Kegiatan Bupati dan Wakil Bupati Pasuruan.

SEP 07

Petik Merah Kopi Bareng Bupati Pasuruan

08:00 am - Seles

07 Sep 2017 (Tanggal Berakhir)

Dsn. Gunung Malang, Desa Tambaksari, Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Pasuruan

Semua Agenda »
Suara Warga
Form & Arsip Suara Warga