16Sep2017

Bupati Irsyad Yusuf Sarapan Pagi Bareng Warga Grati

Menyongsong Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak yang akan dilaksanakan 7 Oktober mendatang serta menyambut Hari Jadi Kabupaten Pasuruan ke 1088, masyarakat Kecamatan Grati menggelar “Bancak’an” alias tasyakuran, Sabtu (16/09/2017) pagi.

Hanya saja, tasyakuran kali ini berbeda, di mana biasanya jamuan makan berupa nasi kotak atau prasmanan, tapi kali ini adalah nasi liwet yang ditempatkan di atas daun pisang sepanjang 500 meter.

Yang lebih istimewa lagi adalah kedatangan Bupati Pasuruan, HM Irsyad Yusuf yang tak malu makan nasi liwet bersama ratusan warga Grati yang telah berkumpul di Alun-Alun Grati sejak pukul 6 pagi.

“Makannya rame-rame, nasinya masih hangat dan lauk pauknya lengkap seperti masakan rumah, wah enak sekali. Terima kasih untuk masyarakat Grati atas jamuannya,” ungkap Irsyad sembari terus melahap ikan mujair dan krawonan (sayuran dari berbagai jenis sayur).

Menurutnya, makan bareng di atas daun pisang saat ini tengah menjadi tren di kalangan masyarakat, meskipun itu dari orang-orang kaya sekalipun. Selain factor kebersamaan, makan rame-rame membuat suasana makan semakin akrab dan mengembalikan tradisi dan budaya nenek moyang asli Indonesia.

“Jangan salah, makan di atas daun pisang itu adalah salah satu budaya masyarakat Indonesia yang sudah berlangsung sejak ratusan tahun lalu. Itulah yang menjadi keunikan tersendiri, dan sekarang banyak pihak-pihak yang tertarik makan dengan cara rame-rame di atas daun pisang,” imbuhnya.

Oleh karenanya, pria yang juga adik kandung Wakil Gubernur Jatim, Syaifullah Yusuf itu tak henti-hentinya untuk mengajak kepada masyarakat agar terus mempertahankan budaya leluhur yang menjadi tradisi.

“Yang paling penting adalah bagaimana kita menjadikan tradisi tersebut sebagai bagian dari menjaga ciri khas daerah. Kalau tasyakuran ini adalah ungkapan rasa syukur, sehingga masyarakat melakukan banyak cara, salah satunya dengan sarapan rame-rame,” terangnya.

Sementara itu, Camat Grati, Zaenal Arifin menjelaskan bahwa tasyakuran ini tak lain untuk menyongsong Pilkades serentak yang akan dilaksanakan pada tanggal 7 Oktober 2017, salah satunya di Kecamatan Grati. Selain itu juga dalam rangka menyambut Hari Jadi Kabupaten Pasuruan ke 1088 yang jatuh pada 18 September 2017 mendatang.

“Kita berdoa supaya jalannya Pilkades berjalan lancar tanpa ada kendala apapun. Tasyakuran ini kita mengundang semua kepala desa beserta perangkat dan aparat keamanan, baik polisi dan TNI, serta para pelajar dan warga sekitar,” jelasnya. (emil)

  • 13:40:51
  • emil
  • 637 kali dilihat
  • Umum
Komentar Pengunjung
Tuliskan Komentar
 
Form Pencarian
Berita Terkini
Agenda Kegiatan
Agenda Kegiatan Bupati dan Wakil Bupati Pasuruan.

NOV 25

Majlis Dzikir Maulidurrasul Muhammad SAW.

Majlis Dzikir Maulidurrasul Muhammad SAW. dalam rangka HUT Kabupaten Pasuruan Ke-1088

07:00 am - 15:00 pm

25 Nop 2017 (Tanggal Berakhir)

Depan Kantor Pemkab Pasuruan Raci Bangil - Pasuruan

Semua Agenda »
Suara Warga
Form & Arsip Suara Warga