14Sep2017

Raperda P-APBD Tahun 2017 Disahkan Menjadi Perda

Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (P-APBD) Kabupaten Pasuruan tahun 2017, disahkan menjadi Perda.

Pengesahan tersebut diawali dengan persetujuan dari seluruh anggota DPRD Kabupaten Pasuruan  dan diakhiri dengan penandatanganan berita acara oleh seluruh Pimpinan dewan dan Bupati Pasuruan, HM Irsyad Yusuf, Rabu (13/09/2017).

Seluruh komisi, baik Komisi I, II, III dan IV menyepakati Raperda P-APBD tersebut menjadi Perda, meskipun dengan beberapa catatan. Salah satunya dari Komisi I yang dibacakan oleh Arifin, di mana ada dua catatan penting yang harus diperhatikan, yakni pergeseran pengurangan dan penambahan angka-angka pada setiap program kegiatan OPD (organisasi perangkat daerah) dan kecamatan, dengan tujuan efisiensi anggaran dalam penyesuaian program dan kegiatan itu sendiri, serta upaya menggali potensi untuk meningkatkan PAD (pendapatan asli daerah) dari sector pajak daerah di semua unit, untuk memaksimalkan potensi.

“Yang pertama dari sector pajak daerah di semua unit untuk usulan banyaknya minimarket yang tak berijin, ijin sudah mati atau belum mengajukan register lagi. Dan satu lagi terkait dengan pendapatan dari sector pajak tambang dan mineral perlu dimaksimalkan untuk meningkatkan kemampuan daerah dengan cara belajar dari daerah lain yang punya APBD di atas Kabupaten Pasuruan,” kata Arifin dalam penjelasannya.

Begitu juga dengan enam catatan Komisi III yang dibacakan langsung oleh Ketuanya, Rusdi Sutedjo. Dimulai dari masih banyaknya program pembangunan fisik yang bermasalah di lapangan dan disebabkan rendahnya proses perencanaan dan pengawasan, kondisi infrastruktur jalan yang menjadi kewenangan pemerintah daerah, khususnya akses jalan utama agar lebih diperhatikan, perketat aturan dalam hal kelas jalan, menindak tegas instansi, lembaga dan perusahaan yang membuang limbah yang tak sesuai dengan aturan yang berlaku, hingga lebih teliti dalam penyerapan anggaran.

“Seluruh rekomendasi kami mohon untuk dijadikan masukan dan bahan pertimbangan dalam meningkatkan kinerja dan pengambilan keputusan di tahun-tahun ke depannya,” ungkapnya.

Sementara itu, Bupati Irsyad menegaskan bahwa semua pendapat dan masukan dari seluruh Komisi di DPRD Kabupaten Pasuruan sangat berharga bagi eksekutif, guna meningkatkan kinerja dalam pelaksanaan tugas pengabdian di masa mendatang.

“Tidak berlebihan kiranya kalau kami berterima kasih untuk semua pihak yang telah bekerja sama dalam mempelajari materi yang disampaikan, untuk kemudian dibahas secara mendalam hingga tercapainya kesemaan persepsi dan kesepakatan dalam memantapkan rancangan P-APBD tahun 2017. Semoga kerja sama yang sangat baik ini dalam terus terjalin sampai kapanpun,” ucap Irsyad mengakhiri sambutannya. (emil)

  • 16:45:20
  • emil
  • 646 kali dilihat
  • Politik
Komentar Pengunjung
Tuliskan Komentar
 
Form Pencarian
Berita Terkini
Agenda Kegiatan
Agenda Kegiatan Bupati dan Wakil Bupati Pasuruan.

NOV 25

Majlis Dzikir Maulidurrasul Muhammad SAW.

Majlis Dzikir Maulidurrasul Muhammad SAW. dalam rangka HUT Kabupaten Pasuruan Ke-1088

07:00 am - 15:00 pm

25 Nop 2017 (Tanggal Berakhir)

Depan Kantor Pemkab Pasuruan Raci Bangil - Pasuruan

Semua Agenda »
Suara Warga
Form & Arsip Suara Warga