15Jul2017

Ketua TP PKK Kabupaten Pasuruan, Ny Lulis Irsyad Yusuf Dianugerahi Tanda Kehormatan Manggala Karya Kencana Tahun 2017

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Pasuruan, Ny Lulis Irsyad Yusuf dianugerahi Tanda Penghargaan Manggala Karya Kencana tahun 2017 oleh Pemerintah Pusat.

Penghargaan tersebut diberikan langsung oleh Ketua Tim Penggerak PKK Pusat, Ny Enti Guntarti Tjahjo Kumolo kepada Ny Lulis dalam acara Gala Dinner dan Malam Penganugerahan Penghargaan Manggala Karya Kencana, Wira Karya Kencana, Dharma Karya Kencana dan Cipta Karya Kencana tahun 2017, di Pendopo Wahan Agung, Rumah Dinas Gubernur Lampung, Propinsi Lampung, Jumat (14/07/2017) malam.

Penghargaan yang diterima oleh Ny Lulis berdasarkan Surat Keputusan Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Nomor 77/KEP/62/2017 tanggal 20 Juni tentang Penghargaan atas prestasi yang menonjol dan komitmen serta kepemimpinannya dalam menggerakkan program kependudukan keluarga berencana dan pembangunan keluarga untuk mewujudkan keluarga kecil bahagia sejahtera.

Ditemui sesaat setelah penganugerahan selesai dilakukan, Lulis menegaskan bahwa masalah kependudukan adalah salah satu hal yang harus diperhatikan, utamanya dalam mengantisipasi ledakan penduduk yang bisa saja terjadi apabila tidak ada sosialisasi program KB dengan dua anak cukup maupun program pengendalian peningkatan jumlah penduduk setiap waktunya. Tentunya kegiatan tersebut adalah kegiatan yang mendukung Visi dan Misi Bupati Pasuruan, HM Irsyad Yusuf dan Wakil Bupati, Riang Kulup Prayudha, yakni menuju Kabupaten Pasuruan yang sejahtera dan maslahat.

“Kita ketahui bersama bahwa Indonesia adalah negara yang sangat besar dan memiliki jumlah penduduk yang sangat banyak. Sesuai dengan program BKKBN bahwa setiap daerah harus bisa memiliki komitmen untuk mengatasinya, maka kami pun dengan sangat sukarela membantu kegiatan Pak Bupati dalam mengajak seluruh masyarakat untuk mendukung program KB ini,” urainya.

Dari sisi PKK sendiri, Lulis menjelaskan, ada beberapa kegiatan yang fokus pada masalah kependudukan, seperti bakti sosial (baksos) gerak PKK, sosialisasi KB dua anak cukup ke semua kecamatan se-Kabupaten Pasuruan, pelayanan terpadu bersama Dinas KB PP (Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan) dan Dinas Kesehatan, maupun yang lainnya. Kegiatan tersebut terplanning (terencana) secara berkelanjutan.

“Sasaran yang kita dekati tentu saja adalah ibu-ibu, karena kami bisa memberikan penjelasan bahwa yang paling penting bukan pada kuantitas jumlah keluarga yang diperbanyak, akan tetapi lebih bagaimana meningkatkan kualitas keluarga yang dibangun. Jangan sampai banyak anak, tapi pendidikannya sampai SD atau SMP saja. Dua anak cukup, tapi sekolahnya tinggi dan bekerja sesuai yang diimpikan keluarga, itu yang namanya keluarga berkualitas,” tegas perempuan yang juga menjabat sebagai Bunda PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) itu.

Sementara itu, Yetty Purwaningsih selaku Kepala Dinas KB-PP menambahkan, peran serta PKK dalam membantu program KB sangat tinggi. Hal tersebut dibuktikan dengan kegetolan Ketua TP PKK Kabupaten Pasuruan, Ny Lulis yang terus mengajak Ketua TP PP Kecamatan dan Desa untuk sama-sama menggelorakan Program KB dua anak cukup.

“Kami sangat terbantukan oleh dukungan dan kegiatan PKK yang sangat bersinergi dengan keinginan Pak Bupati Irsyad Yusuf. Buktinya adalah capaian peserta KB aktif yang pada tahun ini mencapai 72,8% atau naik 1,8% dari tahun lalu,” tegasnya.

Kepada Suara Pasuruan, Yetty yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Dinas Perkebunan dan Kehutanan tersebut menguraikan, jumlah Total Vertility Rate atau rata-rata pertumbuhan penduduk mencapai 1,9. Artinya, rata-rata terdapat 1 atau paling banyak 2 ibu yang melahirkan setiap tahunnya.

“Kami yakin bahwa orang tua pada jaman sekarang sudah dapat memahami pentingnya memiliki keluarga yang berkualitas. Maka dari itu saya menghimbau kepada seluruh Ibu-Ibu di semua kecamatan se-Kabupaten Pasuruan agar memberitahukan program KB ini ke suami dan keluarganya agar betul-betul dilaksanakan demi Indonesia yang semakin sejahtera dan bahagia,” jelasnya. (emil)

  • 01:03:33
  • adminnya
  • 714 kali dilihat
  • Pelayanan Publik
Komentar Pengunjung
Tuliskan Komentar
 
Form Pencarian
Berita Terkini
Agenda Kegiatan
Agenda Kegiatan Bupati dan Wakil Bupati Pasuruan.

SEP 12

Pekan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Jawa Timur IX Tahun 2017

Diantara Agenda Pekan KIM Jawa Timur IX Tahun 2017: 1) Ngopi Bareng Pakdhe Karwo; 2) Grand Final Lomba Cerdik Cermat Komunikatif; 3) Pameran Produk TIK KIM dan Potensi Daerah; 4) Festival Pertura; 5) Workshop TIK & Pemanfaatan Blog

09:00 am - 22:00 pm

16 Sep 2017 (Tanggal Berakhir)

Taman Candra Wilwatikta, Kecamatan Pandaan

Semua Agenda »
Suara Warga
Form & Arsip Suara Warga