12Jun2017

Permudah Pencari Kerja, Pemkab Pasuruan Revisi ISO:2015

Agar para pencari kerja lebih mudah dalam mencari informasi lowongan kerja, Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Pasuruan merevisi International Standards Organization-ISO 9001:2015 yakni salah satu standar internasional dalam sebuah sistem manajemen pengukuran mutu organisasi yang mengatur beberapa hal. Diantaranya tentang dokumen, infrastuktur, Sumber Daya Manusia (SDM), kompetensi, sosialisasi dan komunikasi sampai alat ukur.  

Agus Hernawan Sekretaris Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Pasuruan mengatakan, pembenahan yang dilakukan fokus pada perubahan aplikasi Informasi Pasar Kerja (IPK), dari sistem nasional menjadi lokal (hello work). Tujuannya untuk mempermudah serta menyederhanakan pola pencarian informasi kerja yang telah ada sebelumnya.              

“Sebelumnya kan para pencari kerja harus input data ke IPK Jakarta dulu. Nah dengan pembenahan aplikasi, nantinya mereka bisa langsung masuk ke IPK lokal dengan lingkup Kabupaten Pasuruan. Jadi data yang diinputkan akan terintegrasi antara sistem Disnaker dengan BLK Rejoso dan Bursa Kerja Khusus yang ada di 25 SMK”, urainya waktu tadi dihubungi Dinas Kominfo Kabupaten Pasuruan, Senin (13/06/2017).

Menurut Agus, hasil revisi terhadap ISO 9001:2015 tersebut akan jauh lebih efektif bagi para pencari kerja dalam mencari informasi lowongan kerja yang tersedia di wilayah Kabupaten Pasuruan. Baik akses informasi tentang data perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja maupun kualifikasi yang disyaratkan.           

“Saat para pencari kerja matching data di IPK lokal, kami coba hubungkan dengan lowongan kerja yang tersedia di semua perusahaan di Kabupaten Pasuruan. Sesuai dengan UU No 7 tahun 1981 tentang Wajib lapor Ketenagakerjaan, total perusahaan yang ada di Kabupaten Pasuruan ada 1.896, baik perusahaan berskala kecil maupun besar”, jelasnya.            

Agus menargetkan, revisi ISO 9001:2015 siap di-launching pada bulan September 2017. Para pencari kerja usia produktif antara 17-26 tahun dapat memperoleh benefit dari sistem pencarian kerja yang jauh lebih simple dan tepat sasaran. (Eka Maria)  

  

  • 15:26:48
  • adminnya
  • 693 kali dilihat
  • Pelayanan Publik
Komentar Pengunjung
Tuliskan Komentar
 
Form Pencarian
Berita Terkini
Agenda Kegiatan
Agenda Kegiatan Bupati dan Wakil Bupati Pasuruan.

SEP 12

Pekan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Jawa Timur IX Tahun 2017

Diantara Agenda Pekan KIM Jawa Timur IX Tahun 2017: 1) Ngopi Bareng Pakdhe Karwo; 2) Grand Final Lomba Cerdik Cermat Komunikatif; 3) Pameran Produk TIK KIM dan Potensi Daerah; 4) Festival Pertura; 5) Workshop TIK & Pemanfaatan Blog

09:00 am - 22:00 pm

16 Sep 2017 (Tanggal Berakhir)

Taman Candra Wilwatikta, Kecamatan Pandaan

Semua Agenda »
Suara Warga
Form & Arsip Suara Warga