09Jun2017

Nuzulul Qur'an, Pemkab Pasuruan Gelar Pengajian Dan Santunan Anak Yatim

Dalam rangka memperingati Nuzulul Qur'an atau turunnya Al Qur'an yang jatuh setiap 17 Ramadhan, Pemerintah Kabupaten Pasuruan menggelar Pengajian dan santunan anak yatim, di Pendopo Nyaweji Ngesti Wenganing Gusti Pemkab Pasuruan, Jumat (09/06/217) sore.

Pengajian tersebut dihadiri langsung oleh Bupati Pasuruan, HM Irsyad Yusuf, Wakil Bupati, Riang Kulup Prayudha, Ketua Tim Penggerak PKK, Ny Lulis Irsyad Yusuf beserta seluruh pengurus, Ketua DPRD, Sudiono Fauzan, Sekda Agus Sutiadji, para Kepala OPD (organisasi perangkat daerah), camat dan ratusan anak yatim perwakilan 24 kecamatan se-Kabupaten Pasuruan.

Dari pantauan di lapangan, pengajian tersebut didahului dengan Pengukuhan Pengurus Badan Waqaf Indonesia Kabupaten Pasuruan, di mana Bupati Pasuruan dikukuhkan sebagai Penaseha, kemudian Ketua nya adalah KH Dhumairi Alim, Wakil Ketua, adalah M Hasyim, kemudian Saad sebagai Sekretaris, dan Yusuf Widodo sebagai Bendahara. Selain itu, acara juga diisi dengan ceramah agama dari KH Ali Masyhuri dari Sidoarjo, dan pemberian santunan Baznas Kabupaten Pasuruan yang diberikan langsung oleh Bupati Irsyad kepada 240 anak yatim piatu secara simbolis.

"Alhamdulillah di Bulan Ramadhan ini kita bisa sedikit memberikan santunan untuk anak yatim, di mana mereka adalah anak-anak yang selalu membawa doa untuk kita semua yang telah dengan ikhlas mensedekahkan sebagian harta kita untuk masa depan mereka. Semoga amal ibadah kita diterima oleh Allah SWT," kata Irsyad di sela-sela acara.

Ditambahkannya, dengan peringatan Nuzulul Qur'an, Bupati Irsyad menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk menjadikan Al Qur'an sebagai pegangan hidup, minimal dengan membacanya setiap habis sholat. ,

"Jangan sampai kita jauh dari Al Qur'an, karena amalan kita lah yang nanti akan menyelamatkan kita dari Api Neraka. Ketemunya nanti ada di akherat kelakSalah satu hikmah Nuzulul Quran adalah mengajarkan kepada kita semua untuk senantiasa menjadi manusia-manusia yang lebih baik dari hari kemarin, dan menjadikan Al Quran sebagai pedoman dan petunjuk dalam hidup dan kehidupan sehari-hari. Sesungguhnya Al Quran yang diturunkan kepada umat Islam bukan hanya sebagai kitab suci yang mengatur masalah ibadah yang bersifat ritual, tetapi juga memberikan petunjuk yang sempurna dan abadi bagi seluruh umat manusia", terangnya.
Sementara itu, KH Ali Masyhuri dalam tausiahnya menekankan beberapa hal, diantaranya pentingnya menjaga hubungan silaturrahmi dengan tetangga yang selama ini sudah mulai renggang. Kerenggangan tersebut dapat disebabkan beberapa hal, mulai dari kesibukan hingga lebih mementingkan silaturrahmi melalui media sosial (medsos).

"Jaman sekarang jangan bangga kalau punya teman ribuan di dunia maya, tapi ternyata sangat miskin dengan teman di dunia nyata. Maka dari itu, saya mengajak kepada semua umat islam untuk kita dekati dan kita sambangi tetangga kanan kiri kita, karena perlu diketahui bahwa kalau ada apa-apa, maka yang pertama kali care atau peduli adalah tetangga kita, bukan orang lain," tegasnya. (emil)

  • 17:28:02
  • emil
  • 853 kali dilihat
  • Umum
Komentar Pengunjung
Tuliskan Komentar
 
Form Pencarian
Berita Terkini
Agenda Kegiatan
Agenda Kegiatan Bupati dan Wakil Bupati Pasuruan.

SEP 07

Petik Merah Kopi Bareng Bupati Pasuruan

08:00 am - Seles

07 Sep 2017 (Tanggal Berakhir)

Dsn. Gunung Malang, Desa Tambaksari, Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Pasuruan

Semua Agenda »
Suara Warga
Form & Arsip Suara Warga