09Jun2017

Atasi Masalah Kependudukan, Pemerintah Canangkan Kampung KB

Untuk mengatasi masalah kependudukan, Pemerintah Pusat menargetkan, pada tahun 2017 terdapat satu Kampung KB di setiap satu kecamatan di seluruh Indonesia. Artinya, sepanjang tahun 2017 ini bakal ada sekitar 7166 Kampung KB di seluruh Indonesia. Hingga April 2017, Kampung KB yang sudah terbentuk baru 633. Masih ada sekitar 9 bulan lagi untuk mengejar sekitar 6000 Kampung KB.

Kebijakan tersebut merupakan salah satu “senjata pamungkas” baru pemerintah dalam mengatasi masalah kependudukan, terutama di wilayah-wilayah yang jarang “terlihat” oleh pandangan pemerintah. Kampung KB, kedepannya akan menjadi ikon program kependudukan, KB dan Pembangunan Keluarga (KKBPK). Kehadiran Kampung KB bertujuan meningkatkan kualitas hidup masyarakat di tingkat kampung atau yang setara melalui program KKBPK serta pembangunan sektor lain dalam rangka mewujudkan keluarga kecil berkualitas.

Dalam rilis Direktorat Advokasi & KIE BKKBN dan Tim Komunikasi Pemerintah Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) disebutkan, pada prinsipnya, program KKBPK mewujudkan keluarga kecil bahagia sejahtera dengan melaksanakan delapan fungsi keluarga. Penerapannya untuk membantu keluarga lebih bahagia dan sejahtera, terbebas dari kemiskinan, kebodohan dan keterbelakangan.

Program Kampung KB juga merupakan wujud dari pelaksanaan agenda prioritas pembangunan Nawacita ke 3, 5 dan 8. Nawacita ketiga, membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka negara kesatuan. Nawacita kelima,  meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Sedangkan Nawacita kedelapan, melakukan revolusi karakter bangsa melalui kebijakan penataan kembali kurikulum pendidikan nasional dengan mengedepankan aspek pendidikan kewarganegaraan yang menempatkan secara proporsional aspek Pendidikan. Seperti pengajaran sejarah pembentukan bangsa, nilai-nilai patriotisme dan cinta tanah air serta semangat bela negara dan budi pekerti di dalam kurikulum pendidikan Indonesia.

Kampung KB yang merupakan program inovatif strategis merupakan satuan wilayah setingkat RW, dusun atau setara yang memiliki kriteria tertentu dimana terdapat keterpaduan program KKBPK yang dilakukan secara sistemik dan sistematis. Selain dapat mengentaskan kemiskinan juga mendekatkan pembangunan kepada masyarakat. Dengan melibatkan semua sektor pembangunan, Kampung KB tidak hanya berbicara soal membatasi ledakan penduduk saja, tetapi sekaligus memberdayakan potensi masyarakat agar berperan nyata dalam pembangunan. (Eka Maria)

  • 14:38:24
  • adminnya
  • 597 kali dilihat
  • Pelayanan Publik
Komentar Pengunjung
Tuliskan Komentar
 
Form Pencarian
Berita Terkini
Agenda Kegiatan
Agenda Kegiatan Bupati dan Wakil Bupati Pasuruan.

AUG 26

Tretes Night Run 2017

Pendaftaran: Rp. 150.000, - (Umum) Rp. 100.000,- (Pelajar) Informasi Hubungi: 0811362950

16:30 pm - 23:59 pm

26 Aug 2017 (Tanggal Berakhir)

Pertigaan Limas Tretes

Semua Agenda »
Suara Warga
Form & Arsip Suara Warga