01Dec2016

GELAR PENGHIJAUAN, BUPATI IRSYAD AJAK MASYARAKAT BIASAKAN TANAM 5 BATANG POHON

Dalam rangka memperingati Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI), Bulan Menanam Nasional (BMN), dan Gerakan Peremuan Tanam serta Pelihara Pohon (GPTPP), Pemerintah Kabupaten Pasuruan melalui Dinas Perkebunan dan Kehutanan mengggelar Aksi Penghijauan di Desa Cendono, Kecamatan Purwosari, Kamis (01/12).

Gelar penghijauan tersebut diwujudkan dalam penanaman secara simbolis 115 batang bibit pohon berbagai macam jenis oleh Bupati Pasuruan, HM Irsyad Yusuf, dan diikuti oleh Ketua Tim Penggerak PKK, Ny Lulis Irsyad Yusuf beserta pengurus, Ketua DPRD Kabupaten Pasuruan, Sudiono Fauzan, Sekda Agus Sutiadji, para asisten dan Kepala SKPD terkait, serta perwakilan dunia usaha/swasta.

Yetty Purwaningsih, Kepala Dinas Perkebunan dan Kehutanan Kabupaten Pasuruan mengatakan, tujuan diselenggarakannya gelar penghijauan adalah untuk meningkatkan partisipasi seluruh pihak dalam kegiatan penanaman pohon, demi keberlangsungan kehidupan yang lebih baik, serta mensukseskan gerakan penanaman 1 Milyar pohon yang dicanangkan secara nasional oleh Presiden Joko Widodo.

“Kita juga ikut berperan serta dalam upaya mengurangi efek pemanasan global dan upaya pelestarian hutan maupun keanekaragaman hayati. Selain itu, kegiatan ini juga sebagai bagian upaya penanggulangan degradasi lahan di Kabupaten Pasuruan,” kata Yetty dalam laporannya.

Ditambahkannya, selain 115 bibit pohon yang ditanam secara simbolis, pihaknya juga telah menanam sebanyak 23 ribu batang bibit yang disebar di sekitar sumber mata air Desa Cendono. Bibit pohon tersebut berasal dari berbagai jenis tanaman, diantaranya sengon, gemelina, jabon, trembesi, mahoni, pete, manggan, nagka, alpukat, sirsat dan durian.

“Harapannya, semoga semua bibit pohon yang kita tanam ini jadi tumbuh dan berkembang dengan cepat, karena kita sengaja melakukan penanaman ini pada musim penghujan,” imbuhnya.

Lebih lanjut Yetty menjelaskan, pihaknya mentargetkan sebanyak 2.413.306 bibit pohon yang ditanam pada musim tanam 2016-2017. Jutaan bibit tersebut berasal dari bantuan beberapa pihak, diantaranya Dinas Perkebunan dan Kehutanan Kabupaten Pasuruan sebanyak 653.615 batang, BLH 2730 batang, Dinas Kelautan dan Perikanan 50.000 batang, BPDAS Brantas Sampean 26.900 batang, Balai Besar KSDA 1000 batang, Perum Perhutani KPH Pasuruan 604.658 batang, UPT Tahura R Soeryo 36.000 batang, Dunia Usaha 178.650 batang, Swadaya masyarakat 777.853 batang, serta pegiat lingkungan sebanyak 1900 batang.

“Kita juga telah mendistribusikan sebanyak 120.000 bibit tanaman hutan dan MPTS (multi purpose tree species) atau 5000 batang bibit untuk setiap desa maslahat di Kabupaten Pasuruan. Tak hanya itu saja, kita juga menerima bantuan 0,55 ton pupuk organik dari PT Indonesia Power,” terangnya di sela-sela acara.

Sementara itu, Bupati Irsyad menegaskan bahwa sudah saatnya semangat menanam pohon, ada pada seluruh lapisan masyarakat. Hal itu dikarenakan kondisi buruk lingkungan, rusaknya DAS, merosotnya kualitas bentang alam, kritisnya lingkungan yang merupakan kondisi kumulatif dari proses manusia berinteraksi dengan alam, dalam kurun waktu dan durasi waktu selama eksploitasi alam terus dilakukan.

“Sekarang ini di negara kita sudah betul-betul merupakan kondisi alam yang kritis dan menjadi bel peringatan bahwa kita harus memperhatikan kondisi lingkungan, minimal di sekitar kita,” ucap Irsyad dalam sambutannya.

Untuk itu, sebagai bagian dari upaya penyelamatan lingkungan, Bupati Irsyad mengajak kepada seluruh masyarakat Kabupaten Pasuruan untuk mempopulerkan gerakan menamam pohon minimal 5 batang, utamanya di sekitar tempat tinggal masing-masing keluarga.

“Keberhasilan program penanaman dan pemeliharaan pohon sangat bergantung pada 6 T, yakni tepat perencanaan, pemilihan jenis, pembibitan, waktu penanaman, pemeliharaan dan tepat pemanenan. Untuk itu, segala sesuatunya diawali dengan niatan kita untuk menanam 5 batang pohon di sekitar rumah kita, Semoga semua ini dapat terlaksana oleh kita semua, amin,” jelasnya.

Di sisi lain, acara gelar penghijauan yang dimulai pukul 8 pagi itu diisi dengan penampilan Tari Terbang Laro, Paduan Suara SMPN 3 Purwosari yang menyanyikan lagu ciptaan Bupati Irsyad “Pasuruan Gumuyu”, pengukuhan pengurus satuan karya pramuka kalpataru, penyerahan penghargaan kepada camat, ketua TP PKK Kecamatan dan tokoh berprestasi, serta pemberian bantuan bibit penghijauan. (emil)

 

  • 17:00:21
  • emil
  • 58 kali dilihat
  • Umum
Komentar Pengunjung
Tuliskan Komentar
 
Form Pencarian
Berita Terkini
Agenda Kegiatan
Agenda Kegiatan Bupati dan Wakil Bupati Pasuruan.

NOV 23

Peringatan Hari Ikan Nasional

08:00 am - 00:00 am

23 Nop 2016 (Tanggal Berakhir)

Sentra Produk Unggulan Bangil

Semua Agenda »
Suara Warga
Form & Arsip Suara Warga