28Nov2016

DEKRANASDA KABUPATEN PASURUAN GENCAR POPULERKAN KERAJINAN KHAS DAERAH

Untuk memperkenalkan sekaligus mempopulerkan Batik dan Bordir Khas daerah maupun segala macam bentuk kerajinan (handycraft), Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) melaksanakan Gelar Produk Kerajinan Khas Kabupaten Pasuruan dan Pesta Rakyat tahun 2016.

Acara tersebut diselenggarakan di Sentra Produk Unggulan Kabupaten Pasuruan, Jumat (25/11) malam, dan dibuka langsung oleh Sekda Kabupaten Pasuruan, Agus Sutiadji, serta dihadiri Ketua Dekranasda Kabupaten Pasuruan, Ny Lulis Irsyad Yusuf, Kabid UMKM Dinas Koperasi dan UMKM Propinsi Jawa Timur, Achmad Basuki, para Kepala SKPD, camat dan anggota Dekranasda Kabupaten Pasuruan, serta para pengunjung yang memadati area tersebut.

Menurut Lulis, Kabupaten Pasuruan memiliki potensi dan ragam produk UMKM yang bervariasi, mulai dari skala kecil hingga menengah ke atas. Seluruh produk unggulan Kabupaten Pasuruan ditampilkan dalam gelar produk alias pameran yang dilaksanakan selama tiga hari berturut-turut, yakni mulai 25-27 November 2016.

“Contohnya saja batik dan bordir khas Kabupaten Pasuruan. Ada yang dari Sukorejo, Bangil, Beji dan lainnya. Kemudian tape Sukorejo, pokak Winongan, sereal gandum Tosari, pia Gempol, Bakpau Purwodadi, dan kerajinan tangan dari 24 kecamatan se-Kabupaten Pasuruan. Semua kita tampilkan dalam stan-stan,” kata Lulis, di sela-sela acara.

Ditambahkannya, jumlah peserta gelar produk sebanyak 50 peserta yang berasal dari 24 kecamatan se-Kabupaten Pasuruan serta perwakilan dari beberapa UMKM di Jawa Timur. Kata Lulis, acara gelar produk dan pesta rakyat juga merupakan kerja sama dengan Dinas Koperasi dan UMKM Jawa Timur, sehingga layak untuk dikunjungi oleh para wisatawan dari manapun.

“Daripada membeli di kecamatan penghasil, lebih enak membeli di pameran ini. Selain harganya juga pasti murah, juga bisa menghemat ongkos perjalanan, tenaga dan pilihan,” imbuhnya.

Sementara itu, Sekda Agus menegaskan bahwa Bupati Pasuruan, HM Irsyad Yusuf senantiasa mendukung geliat UMKM yang siap berkompetisi dalam menghadapi MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN), baik dalam hal anggaran hingga pelatihan atau pembinaan.

“Bupati Irsyad mendorong semua UKM dan IKM untuk sama-sama saling mengeluarkan inovasi dalam menghadapi MEA. Dalam menghadapi MEA, semua produk di dunia akan masuk ke negara kita, kalau tidka inovatif, kemudian produknya memiliki kemasan yang bagus dan telah dipatenkan, maka bisa bersaing dengan negara dimanapun,” tegasnya membacakan Sambutan Bupati Irsyad.

Sementara itu, acara Gelar Produk Kerajinan Khas Kabupaten Pasuruan dan Pesta Rakyat tahun 2016 dimeriahkan dengan pesta kembang api, penampilan Emily dan Daffa Band, serta Fashion Show busana batik dan bordir Khas Kabupaten Pasuruan. (emil)

  • 21:01:46
  • emil
  • 60 kali dilihat
  • Ekonomi
Komentar Pengunjung
Tuliskan Komentar
 
Form Pencarian
Berita Terkini
Agenda Kegiatan
Agenda Kegiatan Bupati dan Wakil Bupati Pasuruan.

NOV 23

Peringatan Hari Ikan Nasional

08:00 am - 00:00 am

23 Nop 2016 (Tanggal Berakhir)

Sentra Produk Unggulan Bangil

Semua Agenda »
Suara Warga
Form & Arsip Suara Warga