27Nov2016

TP PKK KABUPATEN PASURUAN KHITANKAN 179 ANAK-ANAK KURANG MAMPU

Untuk membantu meringankan beban orang tua, Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Pasuruan menggelar Khitan massal bagi anak-anak kurang mampu, Sabtu (26/11).

Total ada sekitar 179 anak yang dikhitan secara massal oleh para dokter dan mantri dari beberapa puskesmas di Kecamatan Lekok, Grati, Rejoso dan Nguling.

Ketua TP PKK Kabupaten Pasuruan, Ny Lulis Irsyad Yusuf menjelaskan, ke-179 anak tersebut berasal dari 4 kecamatan di wilayah timur Kabupaten Pasuruan, yakni 77 anak dari Lekok, 25 anak dari Rejoso, 39 anak dari Nguling dan 38 anak dari Kecamatan Grati.

“Kita terus bergerak dari wilayah satu ke wilayah lainnya. Dan khusus untuk khitan massal ini kita prioritaskan bagi anak-anak yang kurang mampu. Mereka ingin sunat tapi orang tuanya masih belum memiliki banyak kemampuan financial. Maka dari itu, kami hadir untuk bisa membantu mereka semua,” kata Lulis, di sela-sela melihat jalannya khitan massal di Puskesmas Lekok.

Kegiatan Khitan Massal merupakan agenda tahunan PKK Kabupaten Pasuruan dari Pokja I, dan bekerja sama dengan Dinas Kesehatan dalam hal penyiapan tenaga dan pendukung lainnya. Kata Lulis, setiap peserta khitan massal mendapatkan baju muslim lengkap serta uang santunan, dengan harapan dapat membahagiakan anak-anak yang senang disunat.

“Ada beberapa anak yang memang usianya masih kecil, tapi ingin disunat. Tapi ketika ketemu dokter dan banyak orang, mereka jadi takut sendiri. Itulah anak-anak dengan ekpresia dan keceriaan sendiri-sendiri. Yang penting mereka sudah disunat, dan kita bisa meringankan beban orang tua mereka, itu saja,” imbuhnya.

Sementara itu, dari pantauan di lapangan, meski ada beberapa anak yang menangis lantaran takut disuntik dan proses khitan lainnya, jalannya Khitan Massal berlangsung lancar. Muhammad Zaenal (9) mengaku tak takut disunat karena dirinya betah dalam menahan sakit.

“Sakitnya cuma sebentar, trus selesai, dapat uang lagi,” celotehnya dengan diikuti tawa kedua orang tuanya. (emil)

  • 13:47:15
  • emil
  • 37 kali dilihat
  • Umum
Komentar Pengunjung
Tuliskan Komentar
 
Form Pencarian
Berita Terkini
Agenda Kegiatan
Agenda Kegiatan Bupati dan Wakil Bupati Pasuruan.

NOV 23

Peringatan Hari Ikan Nasional

08:00 am - 00:00 am

23 Nop 2016 (Tanggal Berakhir)

Sentra Produk Unggulan Bangil

Semua Agenda »
Suara Warga
Form & Arsip Suara Warga