19Oct2016

BKOW JATIM BERI BANTUAN KRPL UNTUK PONPES AL HIDAYAH LECARI

Pondok Pesantren Al-Hidayah Desa Lecari, Kecamatan Sukorejo, menerima bantuan Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) Plus dari Badan Kerjasama Organisasi Wanita (BKOW) Jawa Timur, Rabu (19/10).

Penyerahan bantuan KRPL Plus tersebut, dilakukan langsung oleh Ketua Umum BKOW Jatim Hj. Fatma Saifullah Yusuf, kemarin. Bantuan yang disiapkan BKOW bersama Badan Ketahanan Pangan Jawa Timur, TP PKK Jatim, bekerjasama dengan Kantor Ketahanan Pangan Kabupaten Pasuruan, serta TP PKK Kabupaten tersebut, diserahkan kepada Pengasuh Ponpes Al-Hidayah KH. Son Haji Abdusshomad, bersama isterinya Hj. Romlah.

Ketua BKOW Jatim Fatma Saifullah Yusuf menyatakan, Ponpes Al-Hidayah menerima bantuan istimewa berupa KRPL Plus Plus. Yang dia maksud dengan KRPL Plus-plus adalah jenis bantuan yang cukup lengkap. Mulai dari 3 ribu jenis sayuran, 1.250 jenis tanaman obat keluarga (toga), umbi-umbian, kolam ikan dengan 500 bibit lele, kandang dengan 100 ekor ayam.

“Bantuan ini diberikan dalam rangka membangun kedaulatan pangan berkelanjutan, mengantisipasi era perubahan iklim. Juga untuk meningkatkan kebutuhan gizi para santri, mengurangi pengeluaran, serta menambah pendapatan,” katanya.

Tidak itu, BKOW Jatim bersama Badan Ketahanan Pangan Jatim mengharapkan ada tahapan pendampingan, dan pembinaan secara intensif. Sehingga bantuan KRPL tersebut bisa menjadi program berkelanjutan. Ke depannya, benar-benar diharapkan bisa mewujudkan kawasan pengembangan aneka komoditas yang bisa dimanfaatkan secara maksimal untuk pemenuhan gizi santri, maupun masyarakat sekitar.

Terkait bantuan tersebut, Bupati Pasuruan HM Irsyad Yusuf, melalui Sekda Agus Sutiadji menyampaikan ucapan terima kasihnya. Menurutnya, saat ini Pemkab Pasuruan memang sedang berkonsentrasi membangun KRPL untuk lahan pekarangan yang luasannya cukup potensial di wilayahnya.

“Kami sangat berterima kasih atas perhatian yang sudah diberikan oleh BKOW Jatim, bersama dengan Badan Ketahanan Pangan Jawa Timur. Bantuan ini, sangat bermanfaat dalam rangka peningkatan optimalisasi lahan pekarangan. Khususnya di kawasan Ponpes, yang akan menjadi bagian percontohan di pondok-pondok lainnya,” kata Bupati, dalam sambutannya yang dibacakan Sekda Agus Sutiadji.

Pemkab berjanji akan menindaklanjuti bantuan tersebut, dengan program pendampingan berkelanjutan. Dengan kerja bareng antara Kantor Ketahanan Pangan, TP PKK Kabupaten Pasuruan, bersama Ponpes Al-Hidayah. Sehingga, ke depannya Pemkab Pasuruan mengharapkan program itu bisa ditularkan kepada pesantren atau lembaga pendidikan lainnya.

Pengasuh Ponpes Al-Hidayah KH. Sonhaji Abdusshomad juga turut menyampaikan ucapan terima kasihnya. “Dengan program KRPL ini akan menjadi ladang amal bagi para santri, bakal menjadi arena pendidikan baru tentang kesadaran kecintaan pada lingkungan. Tentunya, suatu hari bisa suatu hari bisa merasakan manfaatnya untuk peningkatan kebutuhan gizi, mengurangi pengeluaran, sekaligus menambah pendapatan. Ini secara tidak langsung mengajarkan pemberdayaan perekonomian bagi para santri melalui sektor pertahian dan peternakan,” tandas laki-laki yang akrab disapa Gus Son tersebut. (emil)

 

 

 

  • 18:45:25
  • emil
  • 124 kali dilihat
  • Pelayanan Publik
Komentar Pengunjung
Tuliskan Komentar
 
Form Pencarian
Berita Terkini
Agenda Kegiatan
Agenda Kegiatan Bupati dan Wakil Bupati Pasuruan.

NOV 23

Peringatan Hari Ikan Nasional

08:00 am - 00:00 am

23 Nop 2016 (Tanggal Berakhir)

Sentra Produk Unggulan Bangil

Semua Agenda »
Suara Warga
Form & Arsip Suara Warga