17Oct2016

PROMOSIKAN PRODUK UNGGULAN, PEMKAB PASURUAN GELAR MASLAHAT EXPO 2016

Untuk mempromosikan dan membangun citra produk pangan maupun industry kecil non formal agar dikenal masyarakat luas, Pemerintah Kabupaten Pasuruan menggelar Maslahat Expo dan Pameran Produk Pertanian tahun 2016, di Lapangan Martopuro, Senin (17/10).

Pameran tersebut dibuka oleh Wakil Bupati Pasuruan, Riang Kulup Prayudha, dan dihadiri oleh beberapa pejabat, diantaranya Sekda Kabupaten Pasuruan, Agus Sutiadji, Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Pasuruan, Andri Wahyudi, Komandan Detasemen AU Raci, Arwani, Wakapolres Pasuruan, Kompol Bagus, dan undangan lainnya.

Ketua Panitia Maslahat Expo, Abdu Munif mengatakan, pameran dilaksanakan selama seminggu, yakni mulai 17-23 Oktober 2016. Total sebanyak 102 peserta yang berpartisipasi dalam pameran tersebut, mulai dari BUMN, SKPD, Perbankan, Lembaga Pelayanan Publik, Swasta, UMKM dan IKM di Kabupaten Pasuruan.

“Mulai dari produk makanan minuman, kerajinan tangan atau handycraft sampai jasa perbankan. Kami gelar selama seminggu dengan harapan supaya masyarakat lebih mengenal produk-produk unggulan Kabupaten Pasuruan,” kata Munif di sela-sela acara.

Ditambahkannya, selain pameran, acara tersebut juga diramaikan dengan Tele Wicara Wakil Bupati dengan para petani dan nelayan yang tergabung dalam KTNA (Kontak Tani Nelayan Andalan) Kabupaten Pasuruan, Festival Band dan aneka hiburan rakyat.

“Kalau hanya pameran saja pasti membosankan. Untuk itu kita selingi dengan hiburan untuk para pengunjung, baik itu masyarakat setempat maupun para wisatawan yang ingin datang ke pameran ini,” imbuhnya.

Sementara itu, Wabup Gagah, sapaan Riang Kulup Prayudha mengajak seluruh masyarakat untuk meningkatkan pemahaman dan kepedulian akan pentingnya penyediaan pangan yang cukup dan bergizi, agar tidak ada lagi kerawanan pangan di Kabupaten Pasuruan.

“Kita dorong pembangunan pertanian melalui kelompok-kelompok tani dan nelayan andalan yang merupakan organisasi independen yang yang berorientasi pada aktivitas social di sector agrikultur yang berbasiskan agribisnis dan lingkungan hidup di pedesaan. Sehingga penduduk yang sebagian besar bercocok tanam dan nelayan, dapat meningkatkan usahanya secara terpadu dan berkesinambungan,” ucap Gagah dalam sambutannya.

Lebih lanjut Gagah mengaku berterima kasih untuk peran serta swasta yang telah memberi pembinaan dalam menumbuhkan inovasi dan kreatifitas kepada IKM, utamanya sebagai bentuk tanggung jawab social perusahaan alias CSR (Cooperate Sosial Responsibility), sehingga IKM di Kabupaten Pasuruan memiliki daya saing dalam menghadapi pasar global.

“Saya juga menghimbau kepada para UMKM khususnya produk pangan dan usaha kuliner, untuk senantiasa memperhatikan kualitas, tampilan, kebersihan dan kesegaran produk yang dimilikinya. Juga jangan lupa untuk menghindari bahan-bahan yang tidak sepantasnya digunakan untuk pangan, karena hal tersebut dapat membahayakan knsumen serta akan merugikan UMKM itu sendiri,” pungkasnya. (emil)

  • 18:56:27
  • emil
  • 198 kali dilihat
  • Ekonomi
Komentar Pengunjung
Tuliskan Komentar
 
Form Pencarian
Berita Terkini
Agenda Kegiatan
Agenda Kegiatan Bupati dan Wakil Bupati Pasuruan.

NOV 23

Peringatan Hari Ikan Nasional

08:00 am - 00:00 am

23 Nop 2016 (Tanggal Berakhir)

Sentra Produk Unggulan Bangil

Semua Agenda »
Suara Warga
Form & Arsip Suara Warga