14Oct2016

RATUSAN SANTRI PESERTA KIRAB RESOLUSI JIHAD 2016, TIBA DI PASURUAN

Setelah diberangkatkan langsung oleh Wakil Gubernur Jawa Timur, Syaifulloh Yusuf dari Pondok Pesantren Darussalam Blokagung, Banyuwangi, Kamis (14/10), ratusan santri peserta Kirab Resolusi Jihad 2016 dalam rangka Hari Santri Nasional yang diperingati 22 Oktober mendatang, tiba di Pasuruan, Jumat (14/10) siang.

Mereka tiba di Pendopo Nyaweji Ngesti Wenganing Gusti Pemerintah Kabupaten Pasuruan pukul 13.00 WIB, dan disambut langsung oleh Walikota Pasuruan, Setiyono, Sekda Kabupaten Pasuruan, Agus Sutiadji, serta para ulama di Pasuruan, diantaranya KH Muzakki Birul Alim, KH Fuad, KH Imron Mutamakkin, Habib Abu Bakar, KH Musonnef, serta ulama lainnya.

Dari pantauan di lapangan, sebelum ke Pendopo, para santri terlebih dulu melaksanakan Sholat Jumat di Masjid Agung Al Anwar Kota Pasuruan, kemudian ziarah ke Makam KH Abdul Hamid. Setelah selesai, mereka bergerak menuju Pendopo Kabupaten Pasuruan dengan diiringi seni hadrah ishari.

Setibanya di Pendopo, Soleh Hayat selaku Wakil Ketua Pengurus Wilayah Nahdhatul Ulama menyerahkan bendera merah putih kepada Walikota Setiyono, dan bendera NU dan panji Laskar Jihad kepada Sekda Agus. Setelah itu, para rombongan menuju Pendopo untuk mengikuti acara penyambutan hingga ramah tamah.

Menurut Sekda Agus, kirap ini dilakukan untuk menghargai sejarah dan mengenang jasa para santri dan pejuang yang telah berkorban memperjuangkan kemerdekaan Republik Indonesia.

"Kemerdekaan kita ini bukan hadiah dari penjajah, namun buah dari pengorbanan para syuhada’. Untuk merebut kemerdekaan, para ulama, santri dan rakyat bahu-menbahu membela negara. Melalui kirab ini, kita napak tilas perjuangan para ulama dan meneladaninya," kata Agus membacakan Sambutan Bupati Pasuruan, HM Irsyad Yusuf.

Sementara itu, Habib Abu Bakar yang didapuk untuk menyampaikan pesan para ulama mengajak ribuan santri yang hadir di sana untuk mempertebal kecintaan terhadap negeri, meningkatkan kedisiplinan dan kompetensi diri, serta menjaga kadar keimanan kepada Allah SWT.

"Jaman sekarang persaingan semakin ketat. Karenanya, selain akhak yang baik, bekali diri kalian dengan keterampilan agar bisa bersaing sehat dan melahirkan pengusaha-pengusaha santri di Indonesia. Dan jangan lupa bahwa kita harus mempertebal keimanan kita kepada Allah SWT, agar apa yang kita lakukan mendapat ridho dari Allah SWT, semuanya Insya Allah lancar,” ungkapnya. (emil)

  • 19:50:49
  • emil
  • 115 kali dilihat
  • Umum
Komentar Pengunjung
Tuliskan Komentar
 
Form Pencarian
Berita Terkini
Agenda Kegiatan
Agenda Kegiatan Bupati dan Wakil Bupati Pasuruan.

NOV 23

Peringatan Hari Ikan Nasional

08:00 am - 00:00 am

23 Nop 2016 (Tanggal Berakhir)

Sentra Produk Unggulan Bangil

Semua Agenda »
Suara Warga
Form & Arsip Suara Warga