14Oct2016

BALAI BESAR PELAKSANAAN JALAN NASIONAL VIII SOSIALISASIKAN PEMANFAATAN BAGIAN-BAGIAN JALAN

Untuk pertama kalinya, Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional VIII Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat menggelar Sosialisasi Pemanfaatan Bagian-bagian jalan, di Gedung Segoropuro Pemkab Pasuruan, Kamis (13/10).

Sosialisasi tersebut dipimpin oleh Tri Indianto, Kepala Badan Tata Usaha dan Sofa Rosliansyah selaku Kabid Konservasi dan Peralatan I Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional VIII, serta dihadiri Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekda Kabupaten Pasuruan, Abdul Munif, para camat, kepolisian dan SKPD terkait, serta pihak-pihak terkait pemanfaatan jalan seperti PDAM, PLN, Telkom dan lainnya.

Menurut Tri, tujuan digelarnya sosialisasi adalah untuk menyebarluaskan informasi tentang ketentuan pemanfaatan bagian-bagian jalan sesuai dengan aturan yang berlaku , sehingga dapat digunakan sesuai dengan peruntukannya.

“Jalan pasti ada kaitannya dengan kemudahan para pengguna jalan. Khususnya jalan nasional maupun propinsi. Maka dari itu kami mengundang para camat yang wilayahnya dilewati oleh jalan nasional maupun propinsi, supaya mereka juga mengetahui kalau sosialisasi ini penting,” kata Tri dalam sambutannya.

Dikatakan Tri, ruang pemanfaatan jalan serta ruang pengawasan jalan banyak disalahgunakan, seperti masih banyaknya pedagang yang berjualan di badan jalan serta penumpukan barang dibahu jalan. Selain itu sering dijumpai penyalahgunaan badan jalan sebagai parkir kendaraan. Untuk itu, pihaknya akan membuat trobosan dan inovasi untuk meminimalisir hal tersebut, dengan cara melalui sosialisasi maupun papan informasi yang memuat sketsa bagian-bagian jalan serta larangan dan sangsi terganggunya fungsi jalan.

“Kita juga akan terus melibatkan instansi pemerintah dan masyarakat, seperti dengan lomba penataan bagian-bagian jalan antar desa. Seperti kita ketahui bersama bahwa hampir semua jalan di Indonesia disalahgunakan, untuk itu perlu diadakan sosialisasi seperti ini,” terangnya.

Seperti diketahui, jalan nasional di Jawa Timur kurang lebih sepanjang 300 Km, sedangkan panjang total jalan nasional di Pasuruan totalnya mencapai 94,12 KM. Rinciannya untuk Kabupaten Pasuruan sepanjang 77,33 dan melewati 10 kecamatan seperti Nguling, Grati, Rejoso, Gempol, Beji, Bangil, Sukorejo, Pandaan, Purwosari, dan Purwodadi. Sedangkan Kota Pasuruan mencapai 16,79 KM.

Sementara itu, Bupati Pasuruan, HM Irsyad Yusuf menjelaskan, kegiatan tersebut sebagai informasi serta arahan dan langkah-langkah mengenai pemanfaatan bagian-bagian jalan. Melalui sosialisasi tersebut para camat serta kepala desa/kelurahan dapat mengetahui ruang pemanfaatan jalan serta ruang pengawasan jalan.

“Selain itu dapat juga diketahui informasi mengenai hal perijinan pemanfaatan bagian-bagian jalan,” ucapnya. (emil)

 

  • 19:17:30
  • emil
  • 113 kali dilihat
  • Umum
Komentar Pengunjung
Tuliskan Komentar
 
Form Pencarian
Berita Terkini
Agenda Kegiatan
Agenda Kegiatan Bupati dan Wakil Bupati Pasuruan.

NOV 23

Peringatan Hari Ikan Nasional

08:00 am - 00:00 am

23 Nop 2016 (Tanggal Berakhir)

Sentra Produk Unggulan Bangil

Semua Agenda »
Suara Warga
Form & Arsip Suara Warga