PEMKAB PASURUAN BENTUK TIM PEMANTAU PILKADES

Senin, 23 September 2013 16:12:08 - oleh : emil

PEMKAB PASURUAN BENTUK TIM PEMANTAU PILKADES

SUARA PASURUAN - Pemerintah Kabupaten Pasuruan bentuk Tim Pemantau Pilkades (Pemilihan Kepala Desa), yang sudah mulai berjalan sejak 22 September 2013 lalu.

Tim tersebut berisikan puluhan perwakilan dari 40 SKPD (Satuan Kerja Pemerintah Daerah), hingga 24 kecamatan se-Kabupaten Pasuruan.

Teguh Winarto, Kabag Pemerintahan Kabupaten Pasuruan menyebutkan, tim tersebut sudah disebar di seluruh desa di kabupaten pasuruan, serta dalam prakteknya nanti, akan diback up penuh oleh anggota polres pasuruan.

"Keamanan adalah bagian penting dari pemilihan kepala desa. Untuk itu, kami sudah berkoordinasi dengan kepolisian maupun koramil dan satpol pp kabupaten pasuruan. Tapi untuk jumlah persisnya, itu disesuaikan dengan kondisi masing-masing desa," ungkap Teguh kepada Radio Suara Pasuruan, Senin (23/9).

Lebih lanjut, seluruh anggota tim pemantau tersebut akan diundang untuk ikut serta dalam Rakornis (Rapat Koordinasi Teknis), bersama dengan Bupati Pasuruan, HM Irsyad Yusuf, pada kamis mendatang.

"Kami akan menggelar rakornis di Gedung Serbaguna Pemkab Pasuruan. Tujuannya adalah untuk mensosialisasikan agar jalannya pilkades benar-benar aman dan lancar," imbuhnya.

Pilkades di kabupaten pasuruan sendiri sejatinya sudah ditetapkan dalam tiga tahap, yakni tahap I yang dilaksanakan pada 6 oktober mendatang, kemudian dilanjutkan pada tahap II,

20 Oktober 2013, serta pilkades tahap III pada 27 oktober mendatang. Hanya saja, pemkab juga memperbolehkan setiap desa, untuk menggelar pilkades di luar jadwal yang sudah ditentukan.

"Ada beberapa desa yang justru sudah menggelar Pilkades sebelum tahap I dilaksanakan, dan itu kami berikan toleransi, karena mereka sudah siap, kenapa kami harus melarangnya," ucap Teguh saat ditemui di kantornya.

Sementara itu, hingga berita ini ditulis, masih ada 4 kecamatan yang belum memberikan jadwal pilkades, yakni kecamatan gondangwetan, rejoso, kejayan dan gempol.

"Kami mendapat informasi kalau hari ini jadwalnya akan dikirim. Untuk itu, kami menghimbau agar sesegera mungkin menyampaikannya kepada kami," tandasnya. (EMIL)

| More

Berita "Pemerintahan" Lainnya