PANWASLU KABUPATEN PASURUAN RAIH PENGHARGAAN

Rabu, 24 Juli 2013 16:13:29 - oleh : emil

PANWASLU KABUPATEN PASURUAN RAIH PENGHARGAAN

SUARA PASURUAN - Kinerja Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Pasuruan dalam mensukseskan Pilkada (Pemilihan Kepala Daerah) Kabupaten Pasuruan tahun ini, diganjar reward oleh Banwaslu (Badan Pengawas Pemilu) Propinsi Jatim.

Reward tersebut diberikan karena Panwaslu yang diketuai oleh Suryono Pane itu telah berhasil menciptakan 4 parameter penting, di antaranya kondusifitas jalannya Pilkada, kepuasan masyarakat akan kinerja panwaslu, kualitas pemilu dari segi kepengawasan, maupun tidak adanya gugatan dari salah seorang peserta pemilu kepala daerah dan wakil kepala daerah kabupaten pasuruan, pascca rekapitulasi penghitungan suara, yang dilakukan oleh KPU (Komisi Pemilihan Umum) Kabupaten Pasuruan beberapa bulan lalu.

Hal itu diakui oleh Suryono Pane, Ketua Panwaslu Kabupaten Pasuruan, di sela-sela kesibukannya mempersipkan data dan kegiatan menjelang Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur pada agustus mendatang, Rabu (24/7).

Menurutnya, untuk menciptakan kondusifitas Pilkada 3 maret lalu, dirinya menegaskan telah berkomitmen kepada seluruh panwascam (panitia pengawas kecamatan) maupun PPL (Panitia Pengawas Lapangan), agar benar-benar memantau setiap tahapan pilkada, baik pra hingga pasca pilkada.

"Kalau ada laporan sekecil apapun dari masyarakat akan langsung kita tindak lanjuti, sehingga masyarakat merasa puas akan kinerja kita," pungkas pria yang juga berprofesi sebagai pengacara itu.

Sementara itu, dalam hal kepuasan masyarakat, diakui Pane sebagai bonus yang diterima oleh dirinya dan seluruh staf maupun panwascam, PPL yang selalu siap siaga selama 24 jam menerima laporan masyarakat akan pilkada.

"Terima kasih atas kerja sama dan penghargaan masyarakat akan kinerja kami. Yang jelas, kami telah transparan dalam menggunakan anggaran. Ini kami buktikan dengan kami memampang seluruh laporan keuangan di depan kantor kami, silahkan datang ke sini dan melihatnya," ujar Pane kepada Radio Suara Pasuruan.

Transparansi yang dilakukan oleh Panwaslu Kabupaten Pasuruan bukan hanya dipublikasikan di depan umum, melainkan juga telah disampaikan ke Banwaslu Jatim maupun Pusat. Kata dia, anggaran panwaslu selama dua tahun ini telah dipergunakan sebagaimana mestinya.

"Anggaran untuk tahun 2012 lalu sebesar Rp 2 Milliar dan telah kami kembalikan sebesar Rp 100 juta. Sedangkan untuk tahun ini, kami telah mengembalikan sisa anggaran sebesar Rp 4,6 Milliar dari total anggaran sebesar Rp 10,6 M," jelasnya. (EMIL)

| More

Berita "Agama" Lainnya