BPS KABUPATEN PASURUAN HIMBAU MASYARAKAT DUKUNG SENSUS PERTANIAN 2013

Jum`at, 12 April 2013 11:58:56 - oleh : eka

BPS KABUPATEN PASURUAN HIMBAU MASYARAKAT DUKUNG SENSUS PERTANIAN 2013

KUSRIYAWANTO Kepala Badan Pusat Statistik Kabupaten Pasuruan menghimbau kepada semua masyarakat terutama kepada rumah tangga pertanian di Kabupaten Pasuruan, mendukung agenda nasional Sensus Pertanian 2013, yang akan dilaksanakan secara serentak di Indonesia, mulai 1 sampai 31 Mei 2013. Hal tersebut dapat dilakukan dengan memberikan jawaban dan data-data akurat kepada petugas sensus.

Sensus pertanian yang bertujuan untuk mengevaluasi kinerja dan menyusun perencanaan pembangunan pertanian tersebut dilakukan melalui kegiatan pendataan. Dengan sasaran utama adalah rumah tangga petani atau usaha pertanian yang dilakukan oleh siapapun. Seperti perusahaan, pesantren/ seminari, lembaga pemasyarakatan, barak militer maupun kelompok usaha bersama. Baik di subsektor tanaman pangan, hortikultura berupa sayuran, buah-buahan, tanaman hias dan tanaman obat, perkebunan, peternakan, perikanan dan kehutanan.

Menurut KUSRIYAWANTO,  keberhasilan dari pelaksanaan Sensus Pertanian 2013 ini bukan hanya dari kesiapan BPS sebagai leading sector kegaitan. Tapi juga tergantung pada kesiapan masyarakat rumah tangga pertanian sebagai responden, dalam memberikan jawaban yang dibutuhkan dalam materi sensus. Minimal, setiap responden dapat memberikan data-data konkrit, sesuai dengan yang selama ini dilakukan. Jadi, tidak hanya bersifat perkiraan-perkiraan saja.        

Diantara materi sensus yang akan ditanyakan petugas sensus yaitu luas lahan, jenis irigasi, luas tanaman semusim dan tahunan yang diusahakan dan kondisi sosial ekonomi rumah tangga petani yang bersangkutan. 

Secara teknis pelaksanaan, Sensus Pertanian 2013 merupakan kerja bareng antara BPS Kabupaten Pasuruan dengan beberapa Dinas terkait. Seperti Dinas Pertanian, Dinas Kelautan dan Perikanan juga Dinas Perkebunan dan Kehutanan Kabupaten Pasuruan. Baik dalam hal penyediaan data tentang Angka Ramalan Produksi Pertanian maupun dilibatkan menjadi struktur petugas sensusn. Ada 1.732 orang petugas sensus yang siap disebar untuk melakukan pendataan di seluruh kecamatan di Kabupaten Pasuruan. Sebelum diterjunkan ke masyarakat, mereka diberikan pelatihan dan pembekalan tentang semua materi Sensus Pertanian 2013.

Dari segi kesiapan, sampai sekarang, BPS Kabupaten Pasuruan terus melakukan kegiatan sosialisasi kepada masyarakat. Baik melalui penyebaran liflet maupun agenda sosialisasi di media massa. Termasuk yang telah dilaksanakan di Lembaga Penyiaran Publik Lokal (LPPL) Radio Suara Pasuruan.      

BPS Kabupaten Pasuruan memastikan bahwa semua petugas sensus yang nantinya akan diterjunkan ke masyarakat, dilengkapi dengan Surat Tugas dan Kartu Identitas, bertuliskan Sensus Pertanian 2013. Mereka akan melakukan pendataan dengan mendatangi seluruh usaha pertanian dan tempat tinggal pelaku usaha pertanian di Kabupaten Pasuruan. Keterangan dari semua responden, bersifat rahasia dan dilindungi Undang-Undang Statistik.

Satu hal yang juga perlu diketahui masyarakat yaitu kegiatan sensus tersebut, TIDAK ADA KAITANNYA DENGAN PAJAK dan  tidak dipungut biaya apapun. Jadi, masyarakat tidak perlu khawatir untuk memberikan kebenaran data-data pertanian yang dibutuhkan.

Semua hasil Sensus Pertanian 2013 sepenuhnya akan menjadi acuan pengembangan perencanaan dan evaluasi dari kinerja semua subsektor pertanian di Indonesia. Alurnya, begitu sensus selesai dilaksanakan, semua datanya akan dikirimkan ke pemerintah pusat, kemudian akan digunakan sebagai bahan pidato kenegaraan Presiden tentang Sensus Pertanian 2013 pada bulan Agustus 2013 nanti. Selanjutnya, dokumen data tersebut akan dipublikasikan oleh Badan Pusat Statistik Pusat melalui kementerian terkait untuk kemudian diberikan kembali ke kabupaten/ kota masing-masing. Harapannya, dari hasil evaluasi kinerja pertanian tersebut dapat dimanfaatkan untuk pembangunan pertanian di seluruh Indonesia.       

KUSRIYAWANTO Kepala Badan Pusat Statistik Kabupaten Pasuruan berharap, pada saat dilaksanakan mulai 1 sampai 31 Mei 2013 nanti, semua responden rumah tangga pertanian menerima petugas sensus dengan baik. Semua data yang diminta, sama sekali tidak ada kaitannya dengan pajak. Jadi, responden tidak perlu khawatir untuk memberikan jawaban secara valid dan akurat kepada petugas sensus, sesuai yang ada di lapangan. (EKA MARIA)

   

| More

Berita "Agama" Lainnya