WAKIL BUPATI PASURUAN BUKA MUSRENBANG RKPD TAHUN 2013

Selasa, 26 Maret 2013 14:16:36 - oleh : eka

WAKIL BUPATI PASURUAN BUKA MUSRENBANG RKPD TAHUN 2013

Selasa 26 Maret 2013, Drs EDDY PARIPURNA Wakil Bupati Pasuruan membuka Sidang Pleno Pembukaan dan Pengarahan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kabupaten Pasuruan 2013. Bertempat di Pendopo Nyawiji Ngesti Wenganing Gusti Pasuruan, pembukaan Musrenbang tersebut sekaligus membuka Sidang Pleno Kelompok yang akan dilaksanakan di Hotel Tretes View Prigen, yang dimulai pada hari Rabu sampai Kamis, 27-28 Maret 2013. yang terbagi dalam Bidang Kelompok Fisik, Sosial Budaya, Ekonomi dan Bidang Kelompok Pemerintahan.

Dalam sambutannya, Wakil Bupati Pasuruan menyampaikan dukungannya kepada pelaksanaan proses perencanaan daerah yang bertema “Pemantaban Pembangunan Melalui Optimalisasi Potensi Daerah Menuju Kesejahteraan Rakyat yang Lebih Merata dan Berkeadilan” tersebut. Karena pada dasarnya, Musrenbang merupakan rumusan penyusunan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Kabupaten Pasuruan 2014.

Pelaksanaan Musrenbang sendiri merupakan area strategis dalam merumuskan perencanaan pembangunan secara kolaboratif dengan melibatkan 3 pilar pemerintahan. Yaitu pemerintah daerah dalam hal ini eksekutif dan legislatif, kalangan masyarakat dan kalangan swasta. Tujuannya, mewujudkan keberdayaan, kesejahteraan dan kemandirian masyarakat. Sehingga pada akhirnya mewujudkan pengelolaan pembangunan mengacu pada prinsip pemberdayaan, keterbukaan, akuntabel, berkelanjutan, partisipatif, efisien, efektif dan aspiratif.

BAMBANG ABIMANYU Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Pasuruan selaku Ketua Panitia Musrenbang mengatakan, agenda dilaksanakan untuk penajaman, penyelerasan, klarifisikasi dan kesepakatan usulan Rencana Kegiatan Pembangunan melalui integrasi, sinkronisasi dan keterpaduan, untuk pencapaian prioritas pembangunan Kabupaten Pasuruan 2014. Sedangkan M. JAILANI Kepala Bakorwil Malang menjelaskan bahwa, Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Kabupaten Pasuruan yang nantinya dihasilkan dari Musrenbang merupakan masukan bagi penyusunan RKPD Propinsi Jatim 2014. Tentunya, menghasilkan dokumen perencanaan berkualitas, perlu adanya proses perencanaan pembangunan melalui pendekatan teknokratis, bottom-up, top-down, politis dan partisipatif.  

Sementara itu, dalam acara Sidang Pleno Pembukaan Musrenbang tadi, Bupati Pasuruan dan  Pemerintah Kabupaten Pasuruan memberikan apresiasi kepada tiga kecamatan yang telah melaksanakan Musrenbang Kecamatan dengan baik, yang telah dilaksanakan 11-15 Maret 2013. Apresiasi dan Penghargaan berupa trophi dari Bupati Pasuruan  yang diserahkan oleh Wakil Bupati Pasuruan, Drs.H Edy Paripurna, M.Si diberikan kepada kecamatan Purwosari yang dinilai terbaik dalam pelaksanaan Musrenbangcam. Di posisi kedua diberikan kepada kecamatan Kraton, posisi ketiga kepada kecamatan Nguling.

Hadir dalam acara penyelenggarakan Sidang Pleno Pembukaan dan Pengarahan Musrenbang Kabupaten Pasuruan di pendopo Kabupaten Pasuruan, antara lain Forpimda Kabupaten Pasuruan,  Kepala Bakorwil Malang, Sekretaris Daerah, para Asisten dan Staf Ahli & Kepala SKPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Pasuruan, Camat, pimpinan instansi vertikal, Pimpinan BUMN & BUMD, Ormas, Seniman para akademisi, sektor swasta, tokoh masyarakat dan LSM. (EKA MARIA)
       

| More

Berita "Agama" Lainnya