KPU Menetapkan DPT Sebanyak 1.142.093 Pemilih

Senin, 14 Januari 2013 10:45:29 - oleh : admin

KPU Menetapkan DPT Sebanyak 1.142.093 Pemilih

PASURUAN - Sesuai dengan jadwal penetapan, KPU Kabupaten Pasuruan sabtu (12/01) menggelar Rapat Pleno Terbuka, Penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu Kada Kabupaten Pasuruan 2013-2018, di Pendopo KPU  Kabupaten Pasuruan, Kejayan.

Dalam rapat tersebut, KPU menetapkan DPT sebanyak 1.142.093 pemilih yang tersebar di 2369 TPS (Tempat Pemungutan Suara), di mana jumlah tersebut terbagi menjadi sebanyak 559.782 adalah pemilih laki-laki, sementara sisanya yakni sebesar 582.311 adalah pemilih perempuan.

Jumlah tersebut mengalami peningkatan sebesar 64.015 orang, dari Pilkada lima tahun lalu, yang mencapai 1.078.078.

Hari Moerti, Divisi Pencalonan dan DPT KPU Kabupaten Pasuruan mengatakan, sebelum ditetapkan menjadi DPT di tingkat KPU, pihaknya terlebih dulu melakukan pengesahan dan pengumuman DPT, mulai dari tingkat PPS (Panitia Pemungutan Suara), hingga tingkat PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan).

"Untuk pengumuman DPT di tingkat PPS sudah kita lakukan tanggal 7 Januari lalu, sedangkan rekap di tingkat PPK juga sudah kita laksanakan mulai 9-10 januari lalu," pungkas pria berkacamata itu kepada Radio Suara Pasuruan.

DPT yang selalu menjadi bahan protes para pasangan yang kalah dalam Pilkada, menurut Hari adalah hal yang harus diperhatikan sepenuhnya, sehingga untuk menetapkan mulai dari DPS (Daftar Pemilih Sementara) hingga DPT, KPU benar-benar mengawasi secara valid dan dipercaya.

"DPT yang kami tetapkan adalah harga mati. Jadi kalau sampai di lain hari ada yang protes, kami persilahkan, karena kami merasa sudah melakukan hal yang maksimal.

Terlebih, seluruh tim pemenangan pasangan, juga hadir dan menyepakati jumlah DPT yang telah kami tetapkan," tegas Hari, sesaat setelah rapat pleno digelar.

Lebih lanjut, Hari juga menambahkan, untuk dapat menetapkan DPT secara valid, pihaknya telah melalui beragam permasalahan, seperti data pemilih yang belum terentry (belum masuk di data komputer KPU), nama ganda, serta mobilitas penduduk.

"Banyak sekali permasalahan yang kami hadapi, dan itu harus kita selesaikan sebelum penetapan. Alhamdullah, semuanya rampung, sehingga kita tetapkan langsung di hadapan tim pemenangan, PPS hingga PPK, serta para awak media yang kami undang," katanya. (EMIL)

| More

Berita "Politik" Lainnya